AHMAD MURSOFI

Cari & Temukan Inspirasi Anda Disini

√ 30+ Penjelasan Pengertian Sejarah “Lengkap”

Home Sejarah √ 30+ Penjelasan Pengertian Sejarah “Lengkap”
Pengertian Sejarah

Pengertian Sejarah  – Mendengar kata sejarah, mungkin yang terbesit dalam benak fikiran kita adalah cerita tentang masa lampau yang penuh dengan kisah. Jika bayangan kalian seperti itu … hmmm memang benar kok.

Kata sejarah secara bahasa berasal dari bahasa arab “sajaratun” yang artinya sebuah pohon, dinamakan demikian karena sejarah mencabang dari satu perkara ke perkara lain yang saling keterkaitan sehingga saling menyambung. Hal inilah yang kemudian digambarkan laksana pohon.

Pembagian dan Ruang Lingkup Sejarah

bangunan sejarah

Karena ruang lingkup sejarah sangatlah luas, kita perlu mengklasifikasinya guna memudahkan penelitian. Ada beberapa cara untuk mengklasifikasi informasi dalam sejarah, diantaranya :

  • Kronologis (menurut kurun waktu)
  • Geografis (menurut wilayah)
  • Nasional (menurut negara)
  • Etnis (menurut kelompok suku bangsa)
  • Topikal (menurut tema atau topik pembahasan)

 

Kesemuanya itu mempunyai penjelasan dan kandungan makna masing-masing yang menjadi pembahasan dari ilmu sejarah itu sendiri.

Banyak sekali kejadian dimasa lampau yang bisa kita jadikan sebagai rujukan referensi. Para ahli pada zaman dahulu dari seluruh dunia pun meneliti tentang sejarah, dimaksudkan untuk mengetahui hal dan peristiwa dimasa lampau yang terjadi, sehingga menjadikan sejarah benar-benar bermanfaat.

Dalam sejarah sendiri, ada 3 faktor yang berkaitan antara satu dengan lainnya, yaitu :

1. Masa lalu yaitu gambaran tentang kehidupan manusia dan kebudayaannya pada masa dulu. Melalui gambaran masa lalu itulah generasi selanjutnya dapat merumuskan hubungan sebab akibat terjadinya suatu peristiwa, yang mana tidak semua peristiwa tempo dulu belum tercatat dalam buku sejarah.

2. Masa sekarang yaitu masa dimana manusia sedang mengalami masa terbaru dan merupakan masa yang sangat penting karena bisa menentukan masa depan. Manusia dimasa sekarang menggunakan sumber pemahaman dari peristiwa dimasa lalu sebagai cerminan hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

3. Masa depan yaitu masa yang akan datang dimana segala sesuatu belum terjadi dan segala sesuatu yang dilakukan pada saat ini akan menjadi dan mempengaruhi masa depan.

Akar Kata Sejarah Menurut Bahasa

sejarah menurut bahasa

Dalam bahasa arab sendiri, sejarah disebut dengan tarikh (تاريخ) yang dalam bahasa Indonesia memiliki arti waktu atau penanggalan.

Dalam bahasa yunani, sejarah berasal dari kata historia yang memiliki arti ilmu pengetahuan yang sumbernya dari hasil penelitian manusia.

Dalam bahasa inggris sejarah berasal dari kata history yang memiliki arti suatu kejadian pada masa lampau

Sedang dalam bahasa jerman disebut dengan geschiche yang memiliki arti kajian tentang masa lampau, khususnya yang berhubungan dengan manusia.

Dalam bahasa Indonesia sendiri, kata sejarah juga disebut dengan kata hikayat, babad, tarikh, riwayat, tawarik, tambo dan histori.

Arti sejarah pun memiliki makna yang luas, yaitu meliputi unsur-unsur serta ciri-ciri tertentu. Namun jika dipandang secara umum, kata sejarah memiliki makna rangkaian peristiwa atau kejadian pada masa lampau yang disusun berdasarkan peninggalan dan ragam peristiwanya.

Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli dan Umum

Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah penjelasan pengertian sejarah secara umum dan berdasarkan pendapat para ahli :

1. Menurut KBBI

Pengertian sejarah menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yaitu :

  • Asal usul silsilah (keturunan)
  • Kejadian atau peristiwa yang terjadi pada masa lampau (riwayat)
  • Pengetahuan tentang peristiwa atau kejadian yang terjadi dalam masa lampau (ilmu sejarah)

2. Menurut Wikipedia

Pengertian sejarah menurut wikipedia yaitu kajian tentang masa lampau, khususnya bagaimana hubungannya dengan manusia.

3. Menurut Ensiklopedi

Pengertian sejarah menurut ensiklopedi yaitu ilmu yang dipergunakan untuk mempelajari peristiwa penting masa lampau manusia. Pengetahuan sejarah meliputi pengetahuan tentang kejadian masah lampau dan pengetahuan tentang cara berfikir secara historis.

4. Menurut Bung Hatta

Adalah dalam wujudnya tentang masa lampau. Sejarah bukan sekadar melahirkan kriteria dari kejadian di masa lalu, tetapi pemahaman masa lampau yang mengandung berbagai dinamika, mungkin berisi problematik pelajaran bagi manusia berikutnya.

5. Menurut R. Moh Ali

Dalam bukunya dikatakan, sejarah adalah :

  • Jumlah perubahan, kejadian atau peristiwa dalam kenyataan disekitar kita.
  • Cerita tentang perubahan, kejadian atau peristiwa dalam kenyataan disekitar kita.
  • Ilmu yang bertugas menyelidiki perubahan, kejadian atau peristiwa dalam kenyataan disekitar kita.

6. Menurut Kuntowijoyo

Adalah hal yang menyuguhkan fakta secara ideografis, diakronis, unik dan empiris.

  • Sejarah bersifat diakronis karena berhubungan dengan waktu.
  • Sejarah bersifat ideografis karena menggambarkan dan menceritakan sesuatu.
  • Sejarah bersifat unik karena berisi hasil penelitian tentang kejadian unik.
  • Sejarah bersifat empiris karena sejarah bersandar atas pengalaman manusia yang sungguh-sungguh.

7. Menurut Roeslan Abdulgani

Adalah salah satu cabang keilmuan yang meneliti dan menyelidiki secara sistematis keseluruhan perkembangan masyarakat dan manusia pada zaman dahulu beserta kejadiannya.

Dengan tujuan untuk menilai secara kritis seluruh hasil penelitiannya tersebut, lalu dijadikan perbendaharaan pedoman bagi penilaian dan penentuan keadaan sekarang dan arah proses masa depan.

Roeslan Abdulgani
Gambar : Roeslan Abdulgani

8. Menurut J.V. Bryce

Adalah catatan dari apa yang telah dipikirkan, dikatakan dan diperbuat oleh manusia.

9. Menurut Patrick Gardiner

Adalah ilmu yang mempelajari tentang apa yang sudah diperbuat oleh manusia.

10. Menurut Muhammad Yamin

Adalah ilmu pengetahuan yang disusun berdasarkan penyelidikan dari berbagai peristiwa yang sudah diteliti kebenarannya serta bisa dibuktikan sebagai bahan kenyataan yang benar-benar terjadi.

Hal ini menjelaskan bahwa sejarah adalah sebuah pondasi dari ilmu pengetahuan yang diperoleh dari berbagai penyelidikan peristiwa-peristiwa lampau yang bisa digali kebenarannya.

11. Menurut Ismaun

Adalah mengemukakan kepada suatu ilmu pengetahuan yang bersumber sebagai kisah, berkaitan dengan peristiwa atau kejadian yang sudah terjadi dengan segala aspek.

Sejarah yang merupakan catatan atau rekaman pilihan yang disusun secara cermat tentang kehidupan manusia dimasa lalu. Berbagai kisah zaman dahulu dijadikan sebagai kisah yang tujuanya sebagai bahan penunjang untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan.

12. Menurut Benedetto Croce

Adalah rekaman kreasi jiwa manusia pada semua bidang, baik teoritikal maupun praktikal. Kreasi spiritual ini lahir dalam hati dan pikiran manusia jenius, pemikir dan budayawan yang mengedapnakn tindakan dan pemburu agama.

13. Menurut Ibnu Khaldun

Adalah catatan tentang masyarakat umum manusia atau peradaban manusia yang terjadi pada watak masyarakat itu.

14. Menurut Sartono Kartodirdjo

Adalah bentuk penggambaran pengalaman kolektif pada masa lalu dan untuk mengungkapnya bisa lewat aktualisasi dan penetasan pengalaman masa lalu.

Menceritakan suatu kejadian adalah cara untuk membuat hadirnya kembali peristiwa tersebut dengan cara pengungkapan secara verbal.

15. Menurut Aristoteles

Adalah satu sistem yang meneliti suatu kejadian sejak awal tersusun kedalam bentuk kronologi, berupa peristiwa-peristiwa masa lalu yang memiliki catatan, record dan bukti yang konkrit.

aristoteles
Gambar : Aristoteles

16. Menurut Herodotus

Adalah topik ilmu pengetahuan yang menarik serta mengajarkan hal-hal yang sangat penting, terutama mengenai keberhasilan dan kegagalan dari pemimpin kita, sistem ekenomi yang pernah ada dulu, bentuk-bentuk pemerintahan dan hal penting lainnya pada kehidupan manusia sepanjang sejarah.

17. Menurut Nugroho Notosusanto

Adalah peristiwa yang berhubungan dengan manusia sebagai makhluk bermasyarakat yang terjadi pada masa lampau.  

18. Menurut Rochiati Wiriatmaja

Adalah disiplin ilmu yang menjanjikan moral, etika, kebijaksanaan, nilai spritual serta kultural, karena sifat kajiannya yang memberikan pedoman kepada keseimbangan hidup, harmoni dalam nilai-nilai, keteladanan dalam keberhasilan dan kegagalan serta cermin dari pengalaman kolektif yang menjadi kompas untuk kehidupan dimasa depan.

19. Menurut J. Bank

Adalah suatu kejadian yang terjadi pada masa lampau, menjadikan sebagai bahan penunjang yang bisa dipahami dari tindakan atau perilaku manusia dimasa lalu.

Hal ini menunjukan bahwa sejarah adalah kejadian yang berkaitan erat dengan manusia baik dimasa lampau, masa sekarang atau masa yang akan datang.

20. Menurut Edward Hallet Carr

Adalah dialog yang tak pernah selesai antara masa sekarang dan masa terdahulu serta suatu proses interaksi yang berkesinambungan antara pelaku sejarawan dan fakta-fakta yang dimilikinya.

21. Menurut Beirnheim

Adalah ilmu yang meneliti berbagai peristiwa yang dalam waktu, keadaan dan ruang yang menyesuaikan perkembangan manusia.

Sebagai mahluk sosial yang efektif dan efesien menjadikan sejarah sebagai ilmu pengetahuan yang menjadi landasan dasar dalam meneliti ilmu pengetahuan secara mendalam.

22. W.H. Walsh

Adalah menitikberatkan pada pencatatan yang berarti serta penting bagi manusia. Catatan itu meliputi tindakan dan pengalaman manusia pada masa terdahulu pada hal-hal yang penting sehingga merupakan cerita yang sangat berarti.

23. Menurut Taufik Abdullah

Adalah tindakan manusia dalam jangka waktu tertentu dimasa lalu yang dilakukan ditempat tertentu pula.

Taufik Abdullah
Gambar : Taufik Abdullah

24. Menurut W. J. S. Poerwadarminta

Adalah silsilah, peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau dan ilmu, pengetahuan, cerita pelajaran tentang kejadian atau peristiwa yang benar-benar telah terjadi.

25. Menurut Drs. Sidi Gazalba

Adalah masa lalu manusia dan seputarnya yang disusun secara ilmiah serta lengkap, meliputi urutan fakta masa tersebut disertai tafsiran dan penjelasan yang memberi pengertian juga pemahaman tentang apa yang berlaku.

26. Menurut Henri Pirenne Iseorang

Adalah sebuah kisah tentang beragam peristiwa dan aktivitas manusia yang hidup dalam bermasyarakat.

27. Menurut Rochiati Wiriatmaja

Adalah disiplin ilmu yang menjanjikan etika, moral, kebijaksanaan, nilai spritual dan kultural, karena kajiannya yang bersifat memberikan pedoman pada keseimbangan hidup dan harmoni dalam nilai-nilai, keteladanan dalam keberhasilan serta kegagalan kolektif yang menjadi kompas untuk kehidupan dimasa depan.

28. Menurut Leopold Von Ranke

Adalah hal-hal yang sungguh-sungguh benar terjadi.

29. Menurut Gustafson

Adalah penunjang dalam pengetahuan dan sebagai puncak pengetahuan manusia terdahulu. Pengetahuan manusia terdahulu akan mempengaruhi pada generasi selanjutnya yang menjadikan sejarah sebagai patokannya.

30. John Tosh

Adalah memori kolektif, sumber pengalaman yang melalui pengembangan suatu rasa identitas sosial orang dan prospek orang tersebut pada masa mendatang.

31. Menurut Norman E. Cantor

Adalah studi tentang apa yang diperbuat, dikatakan dan dipikirkan oleh manusia pada masa yang lalu.

Itulah tadi pendapat para ahli dalam menjelaskan dan mendeskripsikan pengertian sejarah.

Terakhir, sebagai manusia tentu kita harus belajar dari sejarah. Karna ada banyak kejadian dimasa lalu yang bisa kita jadikan referensi dan pengalaman supaya menjadi lebih baik dimasa yang akan datang. Semoga bermanfaat !

«     »

Questions & Feedback

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

© 2020 AHMAD MURSOFI.