AHMAD MURSOFI

Cari & Temukan Inspirasi Anda Disini

30 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan dan Kecantikan

Home Kesehatan 30 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan dan Kecantikan
Manfaat Daun kelor

Manfaat Daun Kelor – Daun kelor berasal dari daerah tropis dan subtropis asia selatan. Daun ini sudah dikenal lama dalam dunia pengobatan. Daun yang dalam bahasa ilmiah disebut dengan moringa oleifera ini dikenal kaya akan kandungan antioksidan, mineral, asam amino dan vitamin.

Kelor adalah tanaman yang bisa tumbuh dengan cepat, berumur panjang, berbunga sepanjang tahun serta tahan terhadap kondisi panas ekstrim. Tanaman ini umumnya digunakan sebagai obat dan pangan di tanah air serta bijinya digunakan sebagai penjernih air dalam skala kecil.

Daun ini mempunyai bentuk bulat lonjong, berukuran kecil tapi tersusun rapi pada sebuah tangkai. Bahkan pada tahun 1980 sudah dilakukan penelitian mengenai khasiat tumbuhan ini, yakni pada bagian daun, kulit batang, buah dan bijinya.

Tapi selama ini justru yang beredar dimasyarakat adalah kalau daun ini identik dengan mistik. Hal itu memang benar, sebab daun ini memang seringnya dipakai sebagai bahan memandikan jenazah untuk mengusir aura-aura negatif yang masih menempel.

Namun, diluar kemistikan dari daun kelor ini didalamnya terdapat manfaat yang banyak sekali. Karna kandungan manfaatnya yang banyak itulah hingga organisasi kesehatan dunia (WHO) menganjurkan bagi anak kecil dan bayi yang masih dalam masa pertumbuhan untuk rajin diberi konsumsi daun ini.

Kaundungan Gizi Daun Kelor

kandungan gizi daun kelor

Berikut adalah kandungan gizi yang terdapat pada daun kelor :

  • Protein
  • Vitamin B6
  • Vitamin C
  • Vitamin A
  • Zat besi Besi
  • Riboflavin (B2)
  • Vitamin A (dari beta-karoten)
  • Magnesium
  • Kalsium
  • Fosfor
  • Karbohidrat
  • Mineral
  • Lemak

Berdasarkan informasi dari DKBM Indonesia, daun ini mengandung zat gizi makro dan zat gizi mikro.

Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan

manfaat daun kelor

 

Organisasi kesehatan dunia (WHO) menobatkan pohon kelor sebagai miracle tree atau pohon ajaib, setelah mereka menemukan khasiat penting dari daun ini.

Sudah banyak sekali studi penelitian dan artikel yang menjelaskan tentang manfaat dan khasiat dari daun ini, terlebih khasiatnya dalam mengatasi wabah penyakit serta masalah kekurangan asupan gizi.

Bahkan banyak penelitian yang memberikan hasil bahwa setiap bagian dari tanaman kelor memiliki khasiat penting, yang bisa dimanfaatkan dalam berbagai cara.

Berikut adalah manfaat daun kelor untuk kesehatan yang perlu kamu ketahui :

1. Meringankan Nyeri Saat Haid

Bagi kamu yang sering mengalami gangguan nyeri saat haid, Coba konsumsi jus daun kelor. Menurut beberapa penelitian menunjukan kalau daun kelor mengandung bahan alami yang berguna untuk meredakan nyeri serta inflamasi saat menstruasi.

2. Melindungi Organ Hati

Organ hati berfungsi untuk mendetoksifikasi darah, produksi empedu, metabolisme lemak, metabolisme fruktosa serta pemrosesan nutrisi. Fungsi-fungsi tersebut hanya bisa dilakukan dengan bantuan enzim hati.

Daun kelor mengandung polifenol yang bisa melindungi organ hati dari oksidasi, toksisitas serta bisa mengurangi kerusakan hati dan fibrosis. Minyak dari daun ini juga bisa mengembalikan enzim hati menjadi normal, mengurangi stres oksidatif dan meningkatkan kandungan protein dihati.

3. Memperlancar Sistem Pencernaan

Daun kelor bisa membantu mengobati beberapa gangguan lambung seperti sembelit, kolitis ulserativa dan gastritis. Karna sifat antibiotik dan antibakterinya berfungsi membantu menghambat pertumbuhan berbagai virus serta kandungan vitamin B nya yang tinggi membantu memelihara kesehatan pencernaan.

4. Kesehatan Mata

Mungkin kedengaranya sedikit agak meragukan, pasalnya umumnya untuk kesehatan mata bisa diperoleh dari makanan yang mengandung vitamin A dan vitamin tersebut umumnya terdapat pada buah atau sayuran yang berwarna merah seperti tomat, wortel dan pepaya.

Daun ini mengandung sifat yang mampu meminimalisir timbulnya gangguan penglihatan mata berkat kandungan antioksidanya yang tinggi. Sehingga mampu mencegah pelebaran pembuluh retina, menghambat disfungsi retina dan mencegah penebalan membran kapiler.

Penyakit Mata
Gambar : Penyakit Mata

5. Obat Sakit Ginjal

Ekstrak daun kelor dapat menurunkan resiko batu ginjal, kandung kemih dan rahim. Karena daun ini mengandung antioksidan tingkat tinggi yang dapat membantu mengatur kadar toksisitas pada ginjal.

6. Pencegah Penyakit Kuning

Penyakit kuning bisa kamu cegah dengan cara mengkonsumsi daun ini secara teratur. karena daun ini mempunyai khasiat menjadikan tubuh lebih kebal terhadap virus yang menyebabkan penyakit tersebut.

7. Mencegah Kanker

Kanker bisa disebabkan karena inflamasi akut. Menurut beberapa penelitian membuahkan hasil bahwa kandungan isotiosianat pada daun kelor akan membantu dalam mengatasi dan mencegah inflamasi.

8. Menjaga Fungsi Otak

Banyak orang mengeluh dengan mood atau suasana hati. Beberapa orang lainya mungkin juga memiliki masalah psikis seperti depresi atau lainnya. Terkait dengan hal ini, daun kelor memiliki khasiat yang besar untuk menjaga fungsi otak agar mood dan pikiran tetap stabil.

Daun kelor mengandung vitamin C dan E yang cukup tinggi, sehingga bermanfaat mengurangi stres oksidatif yang terkait dengan Alzheimer. Manfaat daun ini juga mampu meningkatkan dopamin dan serotonin (hormon bahagia).

9. Obat Cacingan

Daun kelor mempunyai khasiat lain bagi kesehatan yaitu untuk mengobati cacingan. Obat tradisional cacingan dari daun kelor dibuat dengan cara merebus daun kelor. Saring air rebusan ini dan minum setiap malam untuk menghilangkan cacing perut dari tubuh Anda. Ramuan ini juga membantu dalam menghilangkan cacing usus.

10. Mengobati Penyakit Edema

Penyakit edema adalah suatu penyakit dimana kondisi cairan menumpuk pada jaringan tertentu dalam tubuh. Sifat anti inflamasi yang terkandung pada daun ini cukup efektif untuk mencegah edema berkembangbiak.

11. Antioksidan

Antioksidan adalah senyawa yang fungsinya melawan radikal bebas dalam tubuh. Tingginya tingkat radikal bebas bisa menyebabkan stres oksidatif, yang hubunganya dengan timbulnya penyakit kronis seperti jantung dan diabetes tipe dua. Beberapa senyawa antioksidan ditemukan terkandung dalam daun kelor, termasuk vitamin C dan beta karoten.

12. Menjaga berat badan

Teh daun kelor membantu menangani masalah pencernaan, yang nantinya dapat merangsang sistem metabolisme tubuh sehingga optimal dalam membakar kalori.

Teh daun ini sangat baik karena kandunganya yang kaya akan polyphenol. Zat ini termasuk antioksidan yang fungsinya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan berkontribusi pada proses pembuangan racun dari dalam tubuh.

13. Mengobati Anemia

Khasiat daun ini bisa membantu tubuh dalam menyerap lebih banyak zat besi, sehingga mampu meningkatkan jumlah sel darah merah dalam tubuh. Ekstrak daun ini juga sangat membantu dalam mengobati dan mencegah anemia

14. Menurunkan Tensi Tekanan Darah

Daun ini mengandung quercetin yaitu antioksidan kuat yang dapat membantu menormalkan tekanan darah.

15. Mencegah penyakit jantung

Sebuah studi penelitian pada hewan di laboratorium pada tahun 2009 menemukan jika daun kelor mampu mencegah kerusakan pada jantung dan memberikan manfaat antioksidan.

Pada penelitian tersebut para peneliti menyimpulkan jika daun kelor dapat memberikan manfaat yang signifikan untuk kesehatan jantung dari kerusakan struktural.

16. Obat Asma

Khasiat daun ini mampu membantu mengurangi serangan asma akut serta mampu melindungi terhadap penyempitan bronkial. Selain daun ini juga terbukti membantu mengembalikan fungsi paru-paru dan pernapasan secara menyeluruh menjadi lebih baik.

17. Menyehatkan Tulang

Kandungan kalsium dan fosfor dari daun ini dapat membantu menjaga agar tulang tetap kuat dan sehat. Karna sifat anti inflamasi dari ekstraknya dapat membantu mengobati kondisi seperti radang sendi.

18. Obat Diabetes

Kandungan mineralnya yang tinggi yaitu seng, membuat daun ini memiliki sifat anti diabetes. Kandungan tersebut diperlukan untuk memproduksi insulin. Daun kelor ini dapat dijadikan alternatif sebagai insulin alami untuk mengatasi penyakit diabetes.

Senyawa asam chlorogenic pada daun ini telah terbukti mampu mengontrol kadar gula darah serta memungkinkan sel untuk mengambil atau melepaskan gula yang dibutuhkan.

Sebuah studi penelitian menemukan jika daun kelor memiliki efek positif untuk mengontrol gula darah dan insulin pada pasien diabetes. Sehingga mengkonsumsi sayur daun ini dapat mencegah penyakit diabetes.

19. Anti Rematik

Daun kelor dapat membantu mengurangi peradangan dan rasa sakit akibat rematik. Pada sebuah penelitian hewan dilaboratorium, ekstrak daun ini dapat mengurangi kepekaan rangsangan yang menyebabkan sakit pada sendi rematik. Para peneliti juga mencatat bahwa kombinasi akar dan ekstrak daun kelor memiliki efek saling keterkaitan untuk mengurangi rasa sakit.

20. Meningkatkan Gairah Libido

Manfaat daun kelor yang satu ini mungkin kamu masih jarang mendengarnya kan. ya …. khasiat berikutnya dari daun ini adalah dapat meningkatkan gairah s*ksual kamu.

Rata-rata semua orang pasti merasakan stres yang mungkin dapat menurunkan kemampuan s*ks nya menurun. Kondisi seperti ini tentu mengurangi kadar hormon dalam tubuh, sehingga meningkatkan kortisol serta mengurangi dopamin yang membuat libido menurun.

Sebuah penelitian menunjukan jika daun kelor mampu menurunkan kadar kortisol, yang secara alami juga mampu meningkatkan kadar testosteron yang dikenal mampu membangkitkan dan meningkatkan gairah s*ks kamu.

21. Melindungi dari Kuman dan Bakteri

Menurut Tati Winarto (seseorang pakar obat-obatan herbal) mengemukakan bahwa ekstrak daun kelor memiliki kandungan senyawa antibakteri. Sehingga mampu menghalangi perkembangan mikroorganisme berbahaya seperti Staphylococcus aureus, Enterobacter aerogenes dan Escherichia coli.

Kuman Bakteri
Gambar : Kuman dan Bakteri

22. Gizi Ibu Menyusui

Wanita yang sedang menyusui tentu membutuhkan asupan gizi yang cukup supaya kesehatan bayi tetap terjaga. Mengkonsumsi daun kelor sangatlah disarankan untuk ibu menyusui.

Berdasarkan penelitian menunjukkan bahwa manfaat daun kelor dapat bertindak sebagai galaktagog, yaitu zat alami untuk mendukung kelancaran air susu.

23. Mencegah Keracunan Arsenik

Jenis beras tertentu mungkin mengandung kadar arsenik cukup tinggi. Jangka panjang dari kandungan arsenik yang tinggi tersebut bisa menyebabkan masalah kesehatan seiring waktu.

Terdapat sebuah penelitian yang mengatakan jika paparan arsenik dalam jangka panjang bisa mengakibatkan risiko terkena serangan penyakit kanker dan jantung. Dan salah satu manfaat dari daun ini adalah mampu mencegah keracunan tersebut.

24. Obat Radang

Radang adalah respon alami tubuh terhadap infeksi atau cidera. Peradangan adalah mekanisme perlindungan yang penting tetapi bisa menjadi masalah kesehatan serius jika berlangsung dalam jangka yang lama.

Perlu kamu ketahui, jika sakit radang berkelanjutan bisa menimbulkan bahaya banyak masalah kesehatan kronis, seperti  penyakit jantung dan kanker. Para ilmuwan meyakini bahwa daun kelor mengandung senyawa anti inflamasi utama.

25. Obat Malnutrisi Pada Anak

Manfaat daun kelor terakhir yang belum banyak diketahui oarang adalah kemampuannya dalam membantu meningkatkan berat badan pada anak-anak dengan malnutrisi. Manfaat ini bisa diperoleh dengan cara mengkonsumsi bubur kelor selama dua bulan secara teratur.

Manfaat Daun Kelor untuk Kecantikan

Daun kelor

 

Banyaknya studi penelitian para pakar tentang tanaman ini membuat kita tambah yakin bahwa pohon kelor ini terutama bagian daunya menyimpan banyak sekali manat dan khasiatnya.

Setelah tadi kita membahas tentang manfaat daun kelor untuk kesehatan, Selanjutnya kita akan membahas manfaat daun kelor untuk kecantikan. Diataranya adalah sebagai berikut :

1. Memperlambat Penuaan Dini

Minyak dari daun kelor bisa kamu gunakan sebagai masker wajah, karena bisa mencegah kerutan-kerutan pada wajah serta melawan kerusakan kulit akibat radikal bebas selain itu juga bisa mengencangkan kulit dan membuat wajah kamu terlihat lebih awet muda.

Masker Daun Kelor
Gambar : Masker Daun Kelor

2. Mencerahkan Kulit

Kandungan vitamin C dan vitamin E yang terkandung didalam daun kelor, membantu mencerahkan kulit wajah yang kusam serta mempudarkan bekas timbulnya jerawat. Kamu bisa menggunakanya dengan cara ditumbuk sebagai masker.

3. Mengecilkan Pori-Pori

Jika dioleskan pada kulit (setelah ditumbuk halus) khasiatnya bisa membantu meningkatkan produksi kolagen pada kulit, sehingga membuat kulit terlihat lebih kencang dan cerah yang pada akhirnya akan menyebabkan penyusutan pori-pori besar pada kulit.

4. Menjadikan Bibir Lembab

Bibir kamu sering terasa kering dan pecah-pecah ? Jika itu yang terjadi kamu bisa mencoba menggunakan daun kelor segar yang sebelumnya sudah dihaluskan sebagai scrub. Oleskan secara lembut pada bibir lalu diamkan selama sekitar 5 menit dan hasilnya bibir kamu akan terlihat lembab dan halus.

5. Mencegah Tumbuhnya Jerawat

Jika kamu sering jerawatan, cobalah diatasi dengan masker daun kelor. Karna daun ini memiliki kandungan sifat anti inflamasi yang banyak, terlebih jika jerawat mu sudah sangat meradang.

jerawat
Gambar : Jerawat Pada Wajah

Efek Samping Konsumsi Daun Kelor

Selain kaya akan manfaat dan khasiatnya, semua struktur tanaman kelor baik yang berupa biji, batang, buah dan terlebih daunya cukup aman untuk dikonsumsi. Namun hendaknya hindari mengkonsumsi akar dari tanaman ini karena terdapat zat beracun didalamnya.

Selain itu, untuk ibu hamil hendaknya tidak mengonsumsi daun ini. Karena bahan kimia yang terkandung di dalamnya dikhawatirkan bisa menyebabkan komplikasi yang ujungnya terjadi keguguran.

Meskipun pendapat yang mengatakan jika daun kelor tidak baik dikonsumsi ibu hamil masih jadi perdebatan. Namun alangkah lebih baiknya untuk tidak dikonsumsi.

 

Itulah tadi penjelasan manfaat dari daun kelor untuk kesehatan dan kecantikan, tapi alangkah baiknya jika kamu mau berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter sebelum menggunakanya, supaya hasilnya benar-benar lebih maksimal.

Dan jangan lupa selain berusaha kamu juga harus berdoa kepada tuhan, karena hasil akhir adalah atas kehendak tuhan yang maha esa. Semoga artikel ini bermanfaat !

«     »

Questions & Feedback

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

© 2020 AHMAD MURSOFI.